Selamat datang di sudut favorit rumahku, tempat dimana banyak kegembiraan dan rasa ingin tahu.

Rabu, 25 Januari 2012

TONGKOL GORENG BUMBU REMPAH


Manu kali ini mewah bgt, disaat harga cabe sedang melambung malah nekat masak masakan yg byk memakai cabe, mana petenya juga mahal pula...xixixixi...harga ikan tongkolnya jd kalah ama cabe n petenya. gpp lah yg penting hasrat terpuaskan dan ssshhhaaa.....aiiiiirrr!!!!



Bahan - bahan :

1 ekor ikan tongkol segar 200 gram cabe merah besar,buang bijinya 3 batang Serai 1 ruas jari Lengkuas 1 buah tomat merah ukuran besar 5 siuang Bawang Merah 2 buah jeruk limau 2 papan pete,kupas dan belah 2 2 sdt cuka secukupnya garam secukupnya gula secukupnya kaldu bubuk (optional) secukupnya minyak goreng
Cara memasak :
Potong2 ikan tongkol lalu cuci hingga bersih, rendam dlm air cuka dan sedikit garam selama beberapa saat.Bilas dan goreng hingga matang, sisihkan.
Sementara itu tumbuk kasar cabe merah,tomat dan bawang merah.
Tumis bumbu yg sudah di tumbuk dengan minyak sisa menggoreng ikan sampai wangi. Masukkan serai dan lengkuas yg sudah di iris tipis2, aduk hingga semua bumbu matang dan harum.
Bumbui dengan garam, gula dan kaldu bubuk secukupnya.
Masukkan ikan tongkol goreng, beri air sedikit agar bumbu meresap ke dalam ikan tongkolnya.
Setelah air surut masukkan pete dan perasan air jeruk limau beserta kulitnya,aduk2 hingga rata.
Keterangan
Masakan ini sangat pas buat menemani nasi hangat yg pulen, lebih mantab lagi kali di tambahin daun kemangi ke dlm masakannya. Perpaduan rasa pedasnya cabe, gurihnya tongkol, harumnya aroma kulit jeruk limau dan uniknya perpaduan serai dan lengkuas menjadikan masakan ini layak utk di coba

Tidak ada komentar:

Posting Komentar