Selamat datang di sudut favorit rumahku, tempat dimana banyak kegembiraan dan rasa ingin tahu.

Jumat, 28 November 2014

Gado - Gado Siram



Gado-Gado Siram

Panas2 gini paling enaknya makan yg seger2 kaya gado2 siram ini. masih bertema SUROBOYO dan lontong...xixixixixi....Beberqapa hari yg lalu nonton liputan kuliner ttg gado2 bonbin yg terkenal itu jd pengen juga deh. Meskipun minus daun selada tapi Alhamdulillah mengobati rasa kepengenku. Maemnya ditemenin es degan alias es kelapa muda...wuiiih mantap deh!!!
Isian gado2 ini gak jauh beda ama lotek tau gado2 jakarta, mungkin yg membedakan hanya telor rebus dan selada mentahnya aja kali ya. Oya kl gado2 jakarta biasanya pake irisan jagung rebus, labu siam rebus dan pare. Mungkin setiap daerah punya resep gado2 masing2 dgn nama yg berbeda kali yaaaa. Untuk kali ni saya akan menampilkan gado2 ala saya yg diadaptai dr gado2 siram Surabaya. Selamat makan siang!!!!!

Gado-Gado siram ala MommyZel

bahan bumbu kacang:

250gr kacang tanah sangrai (aq goreng aja)
7siung bawang putih (goreng sebentar)
3bh cabe merah yg besar (aq pake 1 aja)
2bongkah gula merah (maaf gak ditimbang dulu)
garam secukupnya
1pak santan kara ukuran sedang
500ml air

cara:

Blender kacang+bawang putih+cabe merah sampai halus. tuang dlm panci dan beri air kurleb 500ml dan santan kara. rebus hingga bumbu meletup2, tambahkan gula merah dan garam secukupnya. rebus kembali sampai bumbu mengental dan mengeluarkan minyak. Angkat dan dinginkan

bahan gado2:

lontong
toge rebus
kacang panjang rebus
tahu goreng
tempe goreng
timun
kentang rebus
telur rebus
selada potong kasar
emping melinjo dan kerupuk udang kecil
bawang goreng buat taburan

cara menyajikan:

potong2 lontong,tahu,timun,tempe,kentang dan beri sayuran rebus+selada. siram dengan bumbu dan hidangkan dgn taburan bawang goreng+emping.
Tambahkan sambel dr cabe rebus bila suka.

Selamat mencoba *

Tidak ada komentar:

Posting Komentar