Selamat datang di sudut favorit rumahku, tempat dimana banyak kegembiraan dan rasa ingin tahu.

Jumat, 28 November 2014

Nasi Liwet


Bersuamikan org sunda membuat saya sering bgt menghidangkan menu2 ala tanah pasundan. Bukan hal yg mudah bagi saya karena saya tidak mungkin menyamai masakan pembantu di rumah ortu suami yg jago banget masaknya. Sering nanya apa resepnya, katanya tangan emak gak bisa di gandakan hehehehehe...nasi liwet ini bikin ala saya dgn resep yg saya adaptasi dari emak O'o. Utk resep ayam goreng saya rasa udah pada pinter lah yaaa hehehehehe dan untuk sambel saya pake sambel bajak yg bahan2nya digoreng dulu sebelum digerus lalu di tumis lagi hingga bener2 mateng.

cara buat nasi liwet itu gampil banget kok, cuma beras+salam+serai+bawang merah iris kasar+sejumput garam (kl ikan asinnya asin bgt garam bisa di skip), ikan teri?ikan asin?cumi asin yg di goreng, minyak bekas goreng ikan asin dan air dimasukkan dlm panci yg tebel dasarnya krn beras gak perlu dikukus lagi. Kl org sunda pake panci katrol tapi kl saya pake magic com atau pakai panci grand energi yg saya punya aja. Masukkan semua bahan dlm panci (kecuali ikan asin,garam dan minyak), masak diatas api kecil. Aduk sesekali aja sampai airnya surut, tutup dgn daun pisang biar aromanya wangi lalu tutup dgn tutup panci. Masak sampai tingkat kematangan yg pas, tuang minyak goreng bekas goreng ikan asin dan ikan asin goreng, aduk2 dan cicipi. Bila dirasa kurang asin bisa ditambahkan garam. Kalo pancinya bagus tidak akan ada keraknya tapi biasanya suamiku justru suka keraknya

heeeemmm...postingan ini membuat saya lapar kembali hahahahahaha....sepertinya weekand ini harus bikin nih..yuk bikiiin 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar